Mariesa Rahmawati’s Weblog

Menuju hari esok yang lebih baik

Meningkatkan Traffic Blog

Kebanyakan (semua?) webmaster/blogger pasti menginginkan situs/blognya memiliki banyak pengunjung. Artikel ini ditujukan bagi siapapun yang sedang mencoba menambah traffic untuk situs/blognya, atau sedang mencoba menerapkan basic SEO (Search Engine Optimization).

Buat judul dengan sasaran pada dua ‘audience‘.

Yang pertama dan terpenting adalah membuat title untuk orang-orang yang mengunjungi blog anda melalui mesin pencari atau untuk mereka yang telah menjadi pelanggan melalui feed. Usahakan judul ini pendek, on-topic, dan eye-catching. Kedua, pikirkan juga mesin pencari saat memberi judul, mesin pencari akan sangat membantu dalam mengarahkan traffic. Cara terbaik yaitu dengan menulis artikel dan judulnya dulu, lalu lakukan pencarian di Overture untuk menemukan frase dan ordering yang lebih baik.

Topik harus menarik

Untuk setiap bidang selalu ada topik dan pertanyaan yang sering diajukan. Hal ini berlaku pada semua jenis situs, tapi lebih mudah dilakukan pada blog.
Misal, kalau semua orang pada forum forex banyak bertanya tentang ciri-ciri broker yang baik, berikan jawaban atas pertanyaan tersebut. Atau misal pada bidang online stock trading banyak yang bertanya saham apa yang terbaik setelah terjadi serangan teroris, sudah jelas apa yang harus dilakukan. Luangkan waktu untuk riset, dokumentasi, dan penyusunan naskah.

Gunakan smart URL.

Struktur URL yang paling bagus untuk blog menurut saya adalah yang sependek mungkin, namun cukup jelas untuk membuat educated guess tentang materi di dalamnya. Saya tidak suka URL dengan 10 hyphen pada judul yang panjang yang dibuat secara otomatis oleh banyak CMS, tapi ini masih lebih bagus daripada menggunakan parameter dinamis pada URL. Mungkin menurut anda parameter dinamis dalam URL ‘nggak ngaruh’, namun harus diketahui bahwa dengan menulis ulang ‘?id=450’ menjadi ‘/450’ hasilnya akan jauh lebih baik dan lebih mudah diingat.

Manfaatkan high traffic days.

Jika anda, entah bagaimana caranya mendapat limpahan pengunjung, mungkin karena limpahan traffic dari blog/situs besar yang membuat link kepada blog anda, manfaatkan momentum ini. Buatlah 2 – 3 posting berkualitas tinggi pada masa-masa ini yang menunjukkan skill anda sebagai penulis dan luasnya pengetahuan anda. Buatlah pengunjung tahu bahwa ‘this is the content they should be sticking around to see more‘. Bila ini tidak dilakukan dalam waktu 48 jam setelah mendapat lonjakan pengunjung, maka lupakan saja, kita mulai lagi dari awal.

Bangunlah image.

Satu hal yang terpenting dari semua hal dalam dunia per-blogging-an adalah brand-building. Agar mempunyai nama besar, maka perlu dibangun suatu image di mana orang-orang ingin bergabung, sebuah image di mana orang merasa mereka mendapat value. Eksklusivitas bisa membuat pengunjung baru merasa tidak nyaman dan heran, tapi ini sangat penting untuk membuat pengunjung lama yang loyal merasa nyaman. Mempertahankan pengunjung lama bisa jadi lebih penting daripada menarik pengunjung baru. Hati-hati dengan image, saat orang menyukainya persepsi itu akan sangat sulit dirubah. Perlu usaha yang lebih besar untuk merubah image daripada menciptakannya dari nol.
Jika membuat blog baru, atau blog yang terus memiliki traffic yang rendah sebaiknya tuliskan tujuan yang hendak dicapai dengan image tersebut berikut atribut identitas yang menyertainya sebagai pengingat saat sedang menulis.

June 6, 2008 - Posted by | Informations

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: